Kamis, 31 Januari 2013

Seafood Yang Paling Tidak Menyehatkan


Seafood Yang Paling Tidak Menyehatkan 
Seafood juga seringkali dimasak dengan cara yang bisa menghilangkan kadungan gizi di dalamnya: dicelupkan dalam saus krim, atau digoreng dengan remah roti. Cara masak ini bisa menambah kadar kolesterol dalam beberapa jenis seafood yang memang sudah tinggi.

Beberapa penelitian dilakukan dan ditemukan lima jenis seafood yang paling tidak menyehatkan dan perlu ADers ketahui.
 
Salmon ternak
Mengetahui asal salmon yang Anda konsumsi sangatlah penting. Salmon ternak dikenal memiliki tingkat kontaminasi yang tinggi. Polychlorinated biphenyls (PCBs) digunakan dalam trafo dan paralatan elektronik lainnya sebagai minyak pelumas dan pendingin, dan salmon ternak mennyerap PCBs ini dari pakan mereka. Salmon ternak juga seringkali mengandung kadar pestisida yang tinggi. Mereka mengandung 3 ½ kali lebih banyak PCBs dibandingkan dengan jenis seafood lainnya. Apalagi karena salmon ternak diternak dalam kandang yang sempit, salmon-salmon ini lebih berlemak daripada salmon liar. Hal ini berarti lebih banyak lagi PCBs dan pestisida yang tersimpan dalam lemak mereka dalam waktu yang lebih lama. 
 
Sup krim kerang
Ada alasan mengapa sup krim yang kental dan penuh krim ini disebut makanan berat. Makanan ini mengandung banyak kerang, krim berlemak, bacon, dan mentega. Beberapa resep bahkan menambahkan susu dan whipping cream, yang tentunya akan menambah kandungan lemak di dalamnya. Rata-rata, setiap delapan ons sajian makanan ini mengandung sebanyak 299 kalori, 100 di antaranya berasal dari lemak, yang berarti sekitar 43% dari kalori tersebut adalah kalori dari lemak. Dari kalori yang berasal dari lemak itu, 35% adalah lemak jenuh yang bisa menyumbat pembuluh darah Anda. Porsi makan di atas juga mengandung 910 mg natrium dan 13% dari dosis kolesterol per hari Anda (didasarkan pada pola makan 2000 kalori). 
 
Tiram mentah
Tiram mengandung zat seng yang tinggi yang akan diperlukan untuk prostat yang sehat. Tetapi dengan tingkat polusi laut yang semakin tinggi, sisi buruknya melebihi sisi baiknya. Tiram berfungsi sebagai filter utama pada habitat merek. Jadi bagi Anda yang suka mengkonsumsi tiram, Anda sebenarnya sedang menelan kadar racun yang tinggi yang diserap oleh tiram. Tiram mentah juga kaya akan purin (senyawa organik yang juga ditemukan dalam organ filtrasi dalam tubuh seperti ginjal dan hati) dan bisa meningkatkan risiko orang terserang encok. Tiram yang dimasak akan lebih aman untuk Anda konsumsi jika Anda berencana menghindari lima jenis seafood yang paling tidak menyehatkan.
 
Udang
Udang adalah jenis seafood yang paling banyak dikonsumsi. Meskipun ia adalah sumber yang baik untuk protein dan rendah lemak, udang impor bisa mengganggu kesehatan karena tambaknya yang kotor. Banyak ditemukan Salmonella dalam produk udang olahan yang katanya “siap makan”. Sejumlah besar antibiotik dan zat kimia juga kadang digunakan dalam udang ternak. Contohnya, pestisida seperti endosulfan yang bisa menyebabkan kerusakan saraf bisa ditemukan dalam tambak udang. Selain itu, antibiotik yang digunakan dalam tambak udang bisa mengakibatkan kekebalan E.coli yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Akan lebih aman untuk mengkonsumsi udang lepas daripada udang tambak.
 
Ikan fugu
Jika ada seafood yang tidak menyehatkan, tentu akan ada seafood yang benar-benar berbahaya. Fugu (ikan yang bisa menggembung) seringkali dikonsumsi pada pesta-pesta karena dianggap sebagai makanan mewah di Jepang, makanan yang membunuh sekitar 100 orang yang mengkonsumsinya dalam setahun. Apa yang membuat fugu berbahaya adalah racun mematikan yang terdapat dalam organ tubuhnya. Jika ikan fugu tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar, racun itu bisa membunuh siapapun yang memakannya. Oleh karena itu, hanya koki-koki berlisensi yang diperbolehkan memasak fugu di Jepang. Bagaimanapun, ikan fugu yang sudah dibersihkan bisa ditemukan di supermarket dan juga online. Dan akhir-akhir ini ada kemajuan dalam peternakan dan penelitian fugu yang menghasilkan varietas yang tidak beracun.
 
Dikatakan bahwa seafood adalah makanan tambahan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan ataupun yang menginginkan kesehatan. Tetapi seafood tertentu bisa jadi tidak menyehatkan karena kandungan lemaknya yang tinggi, kadar kolesterol dan natrium yang tinggi, racun, pestisida dan zat kimia, ataupun kandungan racun alami dalam tubuhnya. Pilihlah dengan bijak ketika Anda berbelanja seafood, pilihlah selalu seafood yang ditangkap dengan bebas atau ikan yang dipanen dengan baik.
 
ADers Apakah Salah satu kesukaan Anda berada pada daftar di atas? 

Tidak ada komentar: