Minggu, 11 November 2012

Tips Memperkuat Memori Anda


Pengguna Facebook di seluruh dunia panik minggu ini ketika ada rumor yang menyebar bahwa beberapa pesan pribadi mereka sekarang tampak secara publik. Tapi setelah meninjau laporan, jaringan sosial menyatakan bahwa tidak ada bukti konten yang dipublikasikan sebelumnya oelh pihak swasta, dan banyak orang yang yang menyerah pada hal itu.

Apa yang terjadi? Jaringan Facebook lebih intim saat itu, sehingga beberapa orang salah mengingat bagaimana longgar mereka dulu dengan berbagi informasi pribadi mereka. Dengan kata lain: Ingatan seseorang sudah hilang sebelum mereka disimpan di dalam otak. Sebuah studi baru di Journal of Neuroscience bisa menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Selama tiga hari percobaan, peneliti di Northwestern University meminta orang untuk mempelajari lokasi dari objek di layar komputer, kemudian mengingatkan mereka hari berikutnya, dan begitu seterusnya.

Semua orang salah menempatkan objek pada hari kedua dan pada hari ketiga, 70% dari penempatan lebih dekat ke penempatan di hari kedua  - bukan titik awal. Bagian yang aneh? Orang-orang mengabaikan ingatan pertama mereka dan menggantikannya dengan ingatan mereka yang baru – meskipun itu salah.

Ketika Anda mengingat memori, ada kemungkinan bahwa otak Anda menciptakan memori lain dalam pengambilan itu, kata Donna J. Bridge, Ph.D., penulis utama penelitian dan postdoctoral fellow di Northwestern Feinberg School of Medicine. Ketika rincian itu membingungkan (seperti mengingat sesuatu di lingkungan, suasana hati, atau waktu yang berbeda), sebuah ingatan yang salah bisa menjadi bagian dari memori yang asli.

Jadi pada saat berikutnya jika Anda perlu mengingat sesuatu dengan benar, cobalah salah satu dari tiga tips berikut.

Lihat, Jepret, Hubungkan
Metode tiga langkah ini membantu Anda menciptakan makna, yang mengarahkan Anda untuk mengingat lebih cepat dan lebih akurat, kata Gary Small, MD, seorang profesor psikiatri di UCLA Semel Institute. 'Lihat' adalah pengingat untuk memfokuskan perhatian Anda, 'jepret' adalah ketika Anda membuat gambar dalam pikiran Anda tentang apa yang ingin Anda ingat di kemudian hari, dan 'terhubung' adalah cara untuk menghubungkan gambar di pikiran Anda dan membuat mereka lebih bermakna. Ambil contoh kecil: Jika Anda harus membeli telur, perangko, dan sepatu dalam satu perjalanan dan ingin memastikan Anda mendapatkan semuanya, bayangkan diri Anda memegang telur besar dengan cap di atasnya, dan kemudian bayangkan telur itu terpeleset dari tangan Anda dan menghancurkan seluruh sepatu Anda. Dia mengatakan bahwa gambaran cap basah dan cangkang telur di sepatu Anda seharusnya cukup mengesankan.

Gerakkan tangan Anda
Anda tahu siapa yang sedang on air di radio, tapi Anda tidak mengingat namanya. Ambil smartphone Anda atau selembar kertas dan tuliskan semua petunjuk yang Anda gunakan untuk mengetahui nama (termasuk lirik tertentu dari sebuah lagu, tahun lagu itu dirilis, atau nama stasiun radio itu). Tips ini berasal dari memori yang sudah berada di dalam otak Anda, hanya saja Anda meletakkannya di bagian bawah dari folder di dalam otak Anda, kata Small. Neuron Anda berkarat, tetapi Anda dapat menyatukannya kembali dengan menggunakan pemicu untuk memperkuat ingatan Anda.

Gunakan Frase untuk Password
Di satu sisi, munculnya smartphone berarti bahwa kita kurang menyimpan informasi dalam otak kita selama kita tahu bagaimana untuk memunculkannya. Small mengatakan triknya di sini adalah bagaimana memilih password Anda dengan bijaksana, tidak peduli berapa banyak yang Anda miliki, dengan memberikan arti bagi setiap dari mereka. Dengan cara ini mereka akan lebih mudah untuk diingat. Pola non-intuitif seperti "Anjing saya Rocky selalu membuat saya tertawa" (password akan menjadi: AsRsmst) dengan membuat huruf kapital dan huruf kecil atau huruf kapital di awal password.

Ulangi terus tips-tips diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Siap untuk Mencoba? 

Tidak ada komentar: